STRATEGI
PEMBELAJARAN INOVATIF
A.
Hakikat Strategi
Pembelajran
Zainal dan Bahri (dalam Iskandarwasid dan Sunendar,
2008:8) menyatakan bahwa strategi pembelajaran mempunyai pengertian suatu garis-garis
besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah
ditentukan. Ada empat strategi dasar dalam pemebelajaran, yaitu: (1)
mengidentifikasikan apa yang diharapkan, (2) memilih sistem pendekatan, (3)
memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik pembelajaran, (4)
menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan.
B.
PAIKEM
1.
Latar Belakang
Pola belajar yang menganggap guru bertindak sebagai
sumber informasi mengakibatkan siswa pasif. Agar pembelajaran dapat
mengaktifkan siswa dan efektif untuk mencapai tujuan , maka konsep belajar
mengajar yang dipahami guru harus diubah. Depdiknas (2003:7-8) menyatakan bahwa
guru perlu melakukan pembalikan makna dan hakikat belajar. Paradigma yang
seperti inilah yang akan melahirkan PAIKEM.
2.
Hakikat PAIKEM
PAIKEM adalah pembelajaran yang diciptakan guru yang
mampu membuat siswa aktif belajar, munculnya inovasi-inovasi yang terus
menerus, mengembangkan kreativitas siswa, mampu mencapai kompetensi dasar yang
telah ditetapkan tetapi dilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan.
3.
Alasan Penerapan
PAIKEM
Dalam UURI no. 20 tahun 2003 menggariskan bahwa
pembelajaran itu harus dilaksanakan dengan memberi kesempatan peserta didik
untuk aktif dalam mengembangkan potensinya.
4.
Karakteristik
PAIKEM
Suparlan, Budimansyah, dan Meirwan (2009:73)
mendeskripsikan ciri yang menonjol dalam PAIKEM, yaitu:
a.
Adanya sumber
belajar yang beraneka.
b.
Sumber belajar
yang beraneka ragam tersebut kemudian didesain dengan skenario pembelajaran
dengan berbagai kegiatan.
c.
Hasil kegiatan
belajar mengajar kemudian .
d.
Kegiatan belajar
mengajar bervariasi secara aktif.
e.
Siswa
mengembangkan semaksimal mungkin kreativitasnya.
f.
Dalam melaksanakan
kegiatan yang beraneka ragam, siswa tampak antusiasme dan rasa senang.
g.
Pada akhir pembelajaran,
semua siswa melakukan refleksi, yakni menyampaikan kesan dan harapan terhadap
pembelajaran yang baru saja diikuti.
C.
Pembelajaran
Kontekstual (CTL)
Pembelajaran kontekstual merupakan suatu proses
pendidikan yang holistik dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna
materi yang dipelajarinya dengan mengaitkan materi tersebut dengan konteks
kehidupan mereka sehari-hari, sehingga siswa memiliki penegetahuan/
keterampilan yang secara fleksibel dapat diterapkan dari satu permasalahan/
konteks permasalahan/ konteks yang lain
D.
Pembelajaran
Kooperatif
Pemebelajaran kooperatif adalah sistem pembelajaran
yang memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok
dalam proses pemebelajaran.
E.
Strategi
Pembelajaran Inovatif
1.
Jigsaw Learning
2.
The Power of Two
(Kekuatan Dua Kepala)
3.
STAD (Student
Team Achievment Divisions)
4.
Sortir Kartu
(Card Sort)
Daftar Pustaka: Sufati, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra
Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar